Senin, 18 Juni 2012

Disiplin Diri : Manfaat dan Pentingnya

Oleh Remez Sasson

Salah satu karakteristik utama dari disiplin diri adalah kemampuan meninggalkan kebiasaan instan, cepat puas, dan kesenangan, yang memiliki keuntungan yang lebih besar atau hasil yang memuaskan, walau ini memerlukan usaha dan waktu. Disiplin diri memberikan Anda kekuatan untuk tetap pada keputusan Anda dan terus mengikuti, tanpa mengubah pemikiran Anda, karena itu salah satu persyaratan penting untuk menggapai tujuan.

Memiliki disipin diri memungkinkan Anda untuk memilih, dan kemudian tekun dalam bertindak, berpikir, dan berperilaku, yang berujung pada kemajuan dan kesuksesan. Juga memberikan Anda kemampuan dan inner strength untuk mengatasi ketergantungan, sikap menunda-nunda, dan kemalasan serta terus mengikuti apapun yang Anda lakukan.

Ini sangat berguna dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan semua orang, walau kebanyakan orang mengetahui pentingnya, namun sangat sedikit yang melakukan apapun untuk mengembangkan dan memperkuatnya.

Berbeda dengan kepercayaan umum, disiplin diri bukanlah sesuatu yang sulit dan terbatas manfaatnya atau membatasi gaya hidup. Ini unsur yang sangat penting untuk kesuksesan, semua bentuk kesuksesan. Ia mengekspresikan dirinya sebagai ketekunan, kemampuan untuk pantang menyerah walau gagal dan mundur, sebagai kontrol diri, dan sebagai kemampuan untuk melawan godaan dan gangguan yang cenderung bertahan di jalan untuk menggapai sasaran dan tujuan.

Kemampuan ini membawa pada kepercayaan diri, harga diri dan inner strength, serta membawa kebahagiaan dan kepuasan. Di tangan lainnya, kelemahan disiplin diri bisa berujung pada kegagalan, kekalahan, masalah kesehatan dan hubungan, obesitas dan masalah lainnya.

Kehidupan seringkali menghadirkan tantangan dan masalah dalam jalan menggapai sukses dan prestasi, dan untuk mengatasinya anda harus bertindak dengan tekun dan gigih, dan hal ini membutuhkan disiplin diri. Anda juga memerlukan keterampilan ini untuk menyembuhkan dan mengatasi gangguan makan, ketergantungan, rokok, minum dan kebiasaan negatif lainnya.

Disiplin diri penting untuk mengatasi gangguan makan, ketergantungan, rokok, minum dan kebiasaan negatif lainnya. Ini juga merupakan syarat penting untuk penelitian dan belajar, untuk mengembangkan keterampilan apapun, sukses dalam pengembangan diri, pertumbuhan spiritual dan meditasi.

Banyak orang mengetahui pentingnya dan manfaat disiplin diri, tapi hanya sedikit yang benar-benar melangkah untuk mengembangkan dan memperkuatnya. Kemampuan ini bisa diperkuat dan dikembangkan seperti keterampilan lain, selama latihan. Ya, Anda bisa mengembangkan disiplin diri dengan latihan khusus, yang bisa Anda praktikkan kapanpun dan dimanapun.

Pengembangan keterampilan ini akan membantu Anda dalam hal :
  • Menghindari bertindak berdasarkan impuls.
  • Terus mengerjakan proyek, walau setelah kesibukan awal antusiasme telah memudar.
  • Nge-gym, berjalan atau berenang, ketika semua yang Anda inginkan adalah berbaring atau duduk dan menonton TV.
  • Belajar untuk bangun pagi.
  • Mengatasi kebiasaan terlalu banyak menonton TV.
  • Meneruskan diet, dan menahan godaan makan makanan yang menggemukkan.
  • Mulai membaca buku, dan membacanya hingga halaman akhir.
  • Meditasi teratur.
  • Memenuhi janji yang Anda buat untuk diri sendiri dan orang lain.

Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan keterampilan ini jika Anda :
  • Berpikir dan menyadari betapa pentingnya mengembangkan disiplin diri.
  • Menyadari perilaku tidak disiplin Anda. Ketika kesadaran ini meningkat, Anda akan lebih sadar dengan perilaku Anda, dan akan lebih sering mencari cara untuk mengubahnya.
  • Membuat daftar apa yang ingin Anda capai.
  • Bertindak dan berperilaku sesuai dengan keputusan yang Anda buat, lepas dari kemalasan, keinginan menunda-nunda atau keinginan menyerah dan menghentikan apa yang Anda lakukan, dan lepas dari ketidaknyamanan ini, kemungkinan yang menyebabkan hal ini dan bagaimana Anda merasakannya pada saat itu.

Protected by Copyscape Duplicate Content Tool