Rabu, 20 Juni 2012

3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Otak

Googling "improve brain power" Anda akan menemukan beragam tips, teknik, buku dan games yang menjelaskan bagaimana caranya Anda bisa meningkatkan daya otak Anda. Kebanyakan berkaitan dengan latihan fisik, nutrisi seimbang, dan latihan mental yang kompleks.

Walau akan menjadi keren jika semua orang mengikuti tips tersebut, saya sangat ragu bahwa setelah membaca beberapa saran Anda akan mulai jogging selama satu jam tiap pagi dan mengubah diet dengan menambahkan banyak serat dan asam lemak omega-3. Sebagian orang tidak melakukannya walaupun mereka berisiko memiliki serangan jantung.

Untuk orang malas yang ingin memberi sedikit dorongan untuk fungsi otak, adakah cara yang lebih mudah? Untungnya, ya.

1. Ganti posisi mouse-pad Anda
Ya, semudah itu.

Dengan mengganti posisi mouse-pad, Anda memaksa diri untuk menggunakan tangan non-dominan Anda. Hal ini, pada gilirannya, akan merangsang hubungan saraf antara belahan kanan dan kiri otak Anda. Penelitian ilmiah mengkonfirmasi bahwa orang yang menggunakan kedua tangannya bersamaan memiliki 10% serat saraf yang bergabung di kedua sisi otak.

Idealnya Anda ingin melakukan sebanyak mungkin kegiatan dengan tangan non-dominan, tetapi terkadang hal itu menjadi rumit. Saya mencoba menggosok gigi dengan tangan kiri selama satu minggu atau lebih, hanya untuk mengetahui kalau karang gigi terbentuk.

Menggunakan mouse dengan tangan lain merupakan sesuatu hal yang mudah Anda lakukan dalam kehidupan Anda. Selama beberapa hari mungkin akan terasa aneh, dan Anda butuh mengganti balik saat menjalankan program yang perlu banyak klik. Bagaimanapun setelah fase adaptasi ini, Anda bisa menavigasi komputer secara efisien dengan kedua tangan.

2. Paksa diri anda untuk mengingat sesuatu
Terkadang Anda ingin mengingat judul sebuah lagu yang sedang diputar atau kenalan lama yang terlintas. Ada di sana, di ujung lidah Anda, tapi Anda tidak bisa mengingatnya. Apa hal normal yang Anda lakukan pada situasi ini? Kemungkinan menanyakan pada teman dekatnya, dan setelah tahu Anda mungkin berkata takjub. "Oh ya! Itu dia!."

Lain kali hal ini terjadi paksa diri Anda untuk mengingat nama itu. Otak bisa dirangsang seperti halnya otot Anda dan semakin banyak latihannya semakin kuat yang didapat.

Jangan membatasi diri Anda untuk mengingat nama-nama. Apakah Anda menghubungi ibu Anda untuk mengetahui nomor telepon paman Anda? Lupakan pena dan kertas - Anda bisa mengingatnya. Cobalah untuk memperhatikan tombol angka telepon anda untuk menciptakan sebuah gambaran seperti apa urutan angka.

Hal yang semakin buruk terjadi adalah Anda masih menghubungi ibu Anda lagi...

3. Mainkan games yang membutuhkan proses berpikir
Anda tidak perlu mengikuti Olimpiade Matematika untuk memperluas kemampuan otak Anda. Oh tidak, games dan aktivitas semudah seperti sudoku atau teka-teki silang sudah memiliki dampak nyata atas kinerja otak Anda.

Keteraturan sangat penting di sini, jadi cobalah memasukkan games atau latihan ini ke dalam rutinitas Anda. Anda bisa membawa buku teka-teki silang dalam perjalanan Anda sehari-hari, misalnya. Secara pribadi saya suka bermain catur setiap hari sebelum memulai kerja. Hal itu mengambil waktu sekitar 15 menit, tapi hal itu memastikan otak saya mendapat kick-start setiap hari.


Protected by Copyscape Duplicate Content Tool