Selasa, 05 Juni 2012

10 Hal Yang Membuat Manusia Istimewa

Manusia merupakan hewan tidak biasa yang memiliki kelebihan mampu berimajinasi, yang telah mengubah wajah dunia di sekitar kita. Apa yang membuat kita begitu istimewa di antara seluruh dunia hewan? Beberapa hal yang kami peroleh sepenuhnya untuk diberikan mungkin akan mengejutkan Anda.

1. Kemampuan Berbicara 

Laring atau kotak suara, berada lebih rendah di tenggorokan pada manusia daripada simpanse, salah satu dari beberapa fitur yang memungkinkan manusia bicara. Laring leluhur manusia berevolusi turun temurun sekitar 350.000 tahun yang lalu. Kita juga memiliki tulang hyoid turunan - tulang berbentuk tapal kuda di bawah lidah, unik karena tidak terhubung dengan tulang lainnya di dalam tubuh, memungkinkan kita untuk mengartikulasikan kata-kata ketika berbicara.

2. Berpostur Tegak

Manusia adalah yang paling unik di antara primata dalam hal berjalan sepenuhnya tegak bentuk utama gerakan kita. Hal ini membebaskan tangan kita untuk menggunakan alat. Sayangnya, terjadi perubahan pada pelvis karena berjalan dengan dua kaki, ditambah lagi bayi dengan otak besar, menjadikan proses melahirkan luar biasa berbahaya dibandingkan dengan seluruh dunia hewan. Satu abad yang lalu, melahirkan merupakan faktor utama kematian wanita. Lumbar curve di pinggang, yang membantu kita menjaga keseimbangan saat berdiri dan berjalan, juga membuat kita rentan nyeri di pinggang dan terasa tegang.

3. Telanjang

Kita terlihat lebih telanjang dibandingakan sepupu kera kita yang berambut. Anehnya, bagaimanapun, tiap inci persegi kulit manusia rata-rata memproduksi folikel rambut sebanyak primata lainnya, atau lebih - hanya saja manusia memiliki rambut yang lebih tipis, lebih pendek dan lebih ringan.

4. Tangan

Berbeda dengan kesalahpahaman umum, manusia bukanlah satu-satunya hewan yang memiliki ibu jari terpisah, primata lain juga. (Tidak seperti kera besar, kita tidak memiliki ibu jari kaki yang terpisah di kaki kita). Apa yang membuat manusia unik adalah kita bisa menyentuhkan ibu jari tangan ke jari manis dan kelingking. Kita juga bisa menyentuhkan ujung jari manis dan kelingking ke pangkal ibu jari tangan. Hal ini memberikan manusia genggaman yang kuat dan kemampuan luar biasa untuk memegang dan memanipulasi alat dengannya.

5. Otak Yang Luar Biasa

Tak perlu diragukan lagi, ciri manusia yang paling membedakan kita dengan seluruh hewan adalah otak kita yang luar biasa. Manusia bukanlah pemilik otak terbesar di dunia, itu dimiliki oleh paus sperma. Kita bahkan tidak memiliki otak terbesar berdasar ukuran tubuh - banyak burung memiliki susunan otak lebih besar 8 persen dari berat tubuh mereka dibandingkan manusia yang hanya 2,5 persen. Namun otak manusia, beratnya hanya sekitar 3 pon ketika sudah dewasa, memberi kita akal dan kemampuan berpikir di luar kemampuan seluruh dunia hewan, dan menghasilkan karya-karya dari seperti Mozart, Einstein, dan para jenius lainnya.

6. Pakaian

Manusia bisa disebut "kera telanjang", tapi kebanyakan dari kita memakai pakaian, sebuah fakta yang membuat kita unik di antara dunia hewan, kecuali pakaian yang kita buat untuk hewan tertentu. Perkembangan pakaian bahkan dipengaruhi oleh spesies lain - kutu tubuh, tidak seperti semua jenis lain, menempel di pakaian, bukan di rambut.

7. Api

Kemampuan manusia untuk meggunakan api sebagai penerangan di malam hari, membantu nenek moyang kita untuk melihat dalam kegelapan dan menjaga agar predator lain menjauh. Kehangatan api juga membantu orang tetap hangat di cuaca yang dingin, memungkinkan kita untuk hidup di daerah dingin. Dan tentu saja membantu kita dalam memasak, beberapa penelitian menjelaskan itu mempengaruhi evolusi manusia - makanan yang dimasak lebih mudah dikunyah dan dicerna, mungkin yang berkontribusi dalam berkurangnya gigi dan ukuran usus.

8. Rasa Malu

Manusia merupakan satu-satunya spesies yang diketahui bisa malu, suatu perilaku yang disebut oleh Darwin "yang paling istimewa dan paling manusiawi dari semua ekspresi". Belum diketahui pasti mengapa orang malu, dan tanpa sadar mengungkapkan emosi kita yang paling dalam. Ide paling umum adalah bahwa rasa malu membuat orang-orang untuk jujur, bermanfaat bagi orang-orang secara keseluruhan.

9. Masa Kecil Yang Lebih Lama

Manusia memerlukan perawatan dari orang tua yang lebih lama dibandingkan kehidupan primata lainnya. Pertanyaanya kemudian menjadi mengapa, yang ketika itu mungkin lebih masuk akal untuk tumbuh secepat mungkin agar lebih banyak keturunan. Penjelasannya mungkin karena otak besar kita, yang memerlukan waktu lama untuk tumbuh dan belajar.

10. Hidup Setelah Memiliki Anak

Sebagian besar hewan bereproduksi dan menyebabkan mereka mati, tapi pada manusia, wanita dapat bertahan lama setelah berhenti reproduksi. Hal ini mungkin disebabkan oleh ikatan sosial yang terlihat pada manusia - dalam keluarga besar, kakek-nenek dapat membantu memastikan keluarga mereka bertahan lama seperti merkea sendiri yang telah memiliki anak.


Protected by Copyscape Duplicate Content Tool