Kamis, 31 Mei 2012

Membuat Artikel 1000 Kata Kurang Dari 90 Menit

Oleh : Patric Stockmann dari Unwrap Your Mind.

Situasi yang ditakuti oleh semua blogger pemula (bahkan yang berpengalaman). Anda ingin menulis sebuah tulisan dan duduk di depan halaman yang kosong. Tiba-tiba pikiran anda blank. Tidak ada inspirasi dan mulai bingung. Kami juga pernah merasakannya. Kabar baiknya adalah ada beberapa cara jitu untuk menulis konten berkualitas dalam waktu singkat.

Saya akan sharing teknik-teknik yang saya gunakan untuk menulis artikel 1000 kata kurang dari 90 menit.

Sebagai bukti saya melakukan apa yang saya ceritakan, saya telah menulis draft pertama dari artikel ini dalam waktu 5 menit, draft kedua (segera terbit) dalam waktu 45 menit, dan versi final dalam waktu 70 menit.

Pengeditan sekitar 15 menit dan pencarian gambar yang bagus ditambah lagi 5 menit.

Ada 6 langkah untuk membuat sebuah artikel yang bagus dalam waktu singkat:

1. Persiapan
2. Menulis draft pertama
3. Buat struktur dan isi kesenjangan
4. Pengeditan
5. Penambahan gambar
6. Publikasikan

Langkah 1 - Persiapan

Salah satu kunci untuk bisa terus terinspirasi adalah dengan cara tidak meninggalkannya. Kuncinya adalah persiapan dan struktur. Inspirasi, persiapan dan struktur yang seiring akan membuahkan keberhasilan.

1.1 Siapkan Kondisi Lingkungan

Pikiran bekerja dalam kondisi yang sangat bagus saat anda fokus pada satu tugas tertentu.Bagaimana cara melakukannya?
  • Singkirkan kekacauan. Ruang kerja yang rapi mencerminkan pikiran yang terstruktur.
  • Singkirkan semua yang menarik perhatian. Seperti handphone dan majalah, letakkan di ruang lain.
  • Hindari kebisingan.
  • Cari ruangan minimalis. Buatlah senyaman mungkin namun tidak menarik perhatian.
  • Beritahu orang sekitar untuk tidak mengganggu anda.
1.2 Siapkan Komputer
  • Pastikan komputer bekerja dengan baik. Jangan sampai anda kehilangan motivasi menulis karena komputer yang tiba-tiba hang dan kehilangan tulisan yang belum tersimpan.
  • Seringlah untuk selalu melakukan save. Gunakan shortcut keyboard untuk save.
  • Bersihkan desktop anda. Buatlah PC yang minimalis.
  • Buatlah satu folder unik yang mudah diingat lokasinya.
1.3 Siapkan Article Selanjutnya
  • Tulis Judul. Saya mengumpulkan semua judul yang muncul di pikiran di sebuah notepad yang bernama "headline.txt". Meskipun saya tidak menggunakannya untuk postingan selanjutnya, mengumpulkannya adalah cara yang bagus untuk mendapat inspirasi. Bahkan saya menggunakannya secara acak sebelum menulis sesuatu yang berkaitan dengannya. Hal ini memungkinkan pikiran bawah sadar saya untuk bekerja otomatis tanpa harus memikirkannya. Ini merupakan teknik yang jitu.
  • Pengumpulan dan penelitian. Jika anda ingin memerlukannya untuk sebuah penelitian simpan gambar, link, dan yang berkaitan dalam satu folder.

1.4 Siapkan Diri Anda


Persiapan diri adalah hal penting seperti halnya persiapan lingkungan sekitar anda. Anda harus menjernihkan pikiran anda sejenak.

Langkah-langkah melakukannya :
  • Belajar meditasi dan relaksasi.
  • Tarik nafas dalam dalam dan relaks.
  • Segera catat (di kertas atau pikiran) apa yang paling menarik dari topik anda. Membuat hal yang paling menarik merupakan cara terbaik untuk membuat fokus pada apa yang ingin anda capai.
  • Gambarkan di pikiran apa yang akan anda rasakan bila artikel selesai dan sudah dipublikasi. Rasakan kepuasannya sekarang sehingga anda tida bisa menahan diri untuk memulainya.
Langkah 2 - Tulis Draft Pertama

Sekarang anda sudah menyiapkan diri. Anda sedang duduk di lingkungan yang bebas gangguan dengan komputer yang bersih, bekerja dengan baik dan di depan ada dokumen kosong. Bagaimana anda mendapatkan 100 kata? Ini terlihat sulit, tapi jangan khawatir, saya akan menunjukkan cara jitu untuk tidak pernah terjebak oleh penulis blog lagi.

2.1 Lupakan Tentang Bagaimana Memulai Cerita di Awalnya

Tak terhitung betapa banyak penulis tidak bisa menulis buku hanya karena mereka tidak tahu membuat kalimat pertama. Percayalah, awal yang bagus terkadang adalah hal tersulit dari menulis sebuah artikel. Tapi anda akan membuatnya semakin sulit jika mencoba untuk menulis halaman kosong. Paragraf pertama merupakan jembatan bagi pembaca dari judul anda.Dan itu jauh lebih sulit untuk mengerjakannya.

Maka dari itu jangan paksa diri anda untuk menulis paragraf pertama. Biarkan ia datang dengan sendirinya saat anda sudah selesai dengan konten utama anda.

2.2 Mulai Dengan Beberapa Ide

Tuangkan beberapa pikiran yang muncul dalam pikiran. Bila anda sudah memiliki satu judul dari file anda asosiasikan beberapa kata yang muncul dan mulailah untuk menuliskannya. Saya memulai artikel ini dengan judul  dan beberapa kata kunci berikut 

  • pemetaan pikiran
  • kata kunci
  • judul dan asosiasi gambar
  • lingkungan bebas gangguan, kamar, komputer, minimalis
  • bangunan artikel, jangan memulai dari awal
  • gunakan diagram atau peralatan grafis
  • mulai dengan judul, pemilahan file
  • persiapan diri

Ini memakan waktu sekitar 5 menit. Anda lihat judul dan kata kunci ini sudah ada di draft pertama artikel. Inilah yang pertama saya save.


Ada beberapa tools yang bisa anda gunakan dengan kata kunci dan konsep.

  • Pemetaan pikiran (mind mapping). Satu cara terbaik untuk mendapatkan brainstorm yang mengalir cepat. Cukup pikirkan beberapa kata kunci ke dalam pikiran dengan beberapa asosiasinya merupakan cara yang bagus untuk memulai struktur draft. Mind mapping diciptakan oleh Tony Buzan.
  • Asosiasi kata kunci dan daftar konsep. Ini bahkan lebih minimalis daripada mind mapping. Inilah pendekatan yang saya gunakan untuk artikel ini. Saya hanya menulis apa yang datang ke dalam pikiran dan membiarkan pikiran menciptakan asosiasi judul dan ide umum dari artikel. Penting, terkadang saya tidak menggunakan semua kata-kata kunci ke dalam artikel.
  • Alat menggambar. Gambar beberapa konsep dan struktur. Saya sering menggambar diagram di kertas kosong. Menulis dalam diagram memungkinkan saya untuk out of the box dan juga mendapatkan dan menambahkan beberapa hal. Petunjuk: Terkadang sedikit menggerakkan badan bisa membebaskan halangan untuk menulis dan menyuntikkan ide ide baru ke dalam aliran kreatifitas anda.
Dengan semua tools ini penting bagi anda untuk tidak membatasi diri pada tahapan ini. Tulis saja apa yang muncul di pikiran anda.


Saya biasanya maksimal akan memerlukan sekitar 5-10 menit untuk tahapan ini.

Langkah 3 - Buat sebuah struktur dan isi kesenjangannya

Sekarang anda memiliki sekitar 10-20 kata kunci atau konsep. Lihat lebih dekat. Mungkin saja anda sudah memiliki satu struktur. Coba untuk memulai dengan struktur kasar untuk artikel anda saat ini. Anda melihat artikel layaknya membaca sebuah novel. Seringkali sebuah artikel hanya dibaca sekilas oleh pembaca. Oleh karena itu, menggunakan struktur yang baik, menggunakan daftar, judul dan sub-judul memungkinkan pembaca tidak membaca sekilas konten anda dan menyelaminya juga memungkinkan anda menulis konten dengan cepat. Karena setelah anda memiliki struktur kasar, anda dapat fokus hanya menulis konten untuk satu pin struktur anda.

Contoh: Saya menuliskan kata kunci "mind mapping". Maka sekarang saya hanya fokus untuk menulis beberapa baris tentang bagian spesifik. Mungkin jika itu adalah bagian yang lebih besar dari artikel, saya juga menulis beberapa kata kunci, fokus pada mind mapping dan kemudian menambahkan isi untuk kata kunci tersebut. Anda lihat, ketika menyusun artikel pada tahap awal anda tidak akan kewalahan. Membagi tugas anda ke dalam langkah-langkah kecil dan sub-langkah yang lebih kecil.

Petunjuk: Jika saya terjebak pada bagian tertentu dari sebuah artikel, saya menggunakan metode asosiasi kata kunci di atas untuk artikel. Saya segera menuliskan kata kunci yang muncul dalam pikiran untuk bagian artikel itu sekitar 1 menit. Hal ini membuat penyelesaian sisanya jadi mudah.

Langkah 4 - Edit

Sekarang anda memiliki
  • judul
  • struktur (judul, daftar, dan teks tebal)
  • konten utama
Sekarang saatnya untuk menyusunnya ke sebuah artikel yang bagus.
  • Baca seluruh artikel anda. Apakah ada sesuatu yang tidak jelas? Apa yang bisa anda tuliskan lebih baik lagi? Baca keras-keras dan dengarkan sendiri. Ini akan membuat anda menyadari kalimat yang tidak terdengar baik.
  • Apakah ada sesuatu yang hilang? Apa anda butuh menambahkan beberapa kalimat untuk menyusun jembatan antar konsep?
  • Periksa ejaan dan tata bahasa.
  • Baca dan bacalah sekilas. Apakah artikel sudah terstruktur dengan baik? Apakah ia memiliki banyak daftar dan struktur judul yang baik? Apa poin pentingnya? Apa anda mendapatkan inti dari artikel tersebut dengan membaca sekilas?
Langkah 5 - Carilah gambar berkualitas

Hal yang baik tentang memulai dengan beberapa kata kunci adalah bahwa hal itu memungkinkan anda menemukan gambar yang tepat dan sesuai untuk menyampaikan pesan dalam konten anda.

Petunjuk : Seringkali anda ingin melukiskan cerita dalam artikel anda untuk menyampaikan pesan di dalamnya. Gunakan kata kunci dalam cerita untuk mencari gambar yang tepat.

Langkah 6- Publikasikan

Publikasikan dan kirim ke seluruh dunia. Nikmati ketenaran atau setidaknya anda senang ketika ada beberapa orang yang menemukan artikel anda menarik dan bisa membantu masalah mereka.

Protected by Copyscape Duplicate Content Tool